Wakil Bupati Tegaskan Pelayanan Administrasi Kependudukan Harus Optimal, Mudah, dan Dekat
Kemudahan dalam mendapatkan layanan terkait administrasi kependudukan sudah menjadi keharusan. Selain itu, layanan juga harus lebih dekat dengan masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan bimbingan teknis administrasi kependudukan bagi petugas registrasi di desa, kelurahan, kecamatan dan operator Disdukcapil di Gedung Sasana Adipura Kencana, pada Kamis 29 September 2022.
Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, menyampaikan bahwa layanan administrasi kependudukan sudah seharusnya optimal, mudah dan lebih dekat sebab data tersebut menjadi kebutuhan pemerintah. Albar mengungkapkan, tertib administrasi kependudukan akan mendukung terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan, tepat guna, dan tepat sasaran. Sehingga memberikan aksesibilitas kepada masyarakat terhadap seluruh layanan publik, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta.
Kepala Disdukcapil Wonosobo, Tarjo, menyampaikan bahwa upaya penyamaan persepsi terkait mekanisme layanan administrasi kependudukan, meliputi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pemanfaatan data kependudukan. Kegiatan Bimyek tersebut diikuti oleh 200 orang peserta yang terdiri dari semua petugas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) untuk wilayah Garung, Kejajar, Mojotengah, Watumalang, Kalikajar, Sapuran, Kepil, dan Kalibawang serta seluruh petugas operator yang ada di Disdukcapil.
Tarjo mengungkapkan, di tengah keterbatasan yang ada, pihaknya berupaya memberi kemudahan dalam melayani masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.
Tarjo menambahkan, dalam upaya peningkatan pelayanan tersebut, Disdukcapil sangat dibantu oleh Pemerintah desa/kelurahan maupun kecamatan. Sehingga banyak layanan yang bisa diakses masyarakat cukup dengan datang ke kantor desa/kelurahan dan kecamatan masing-masing.
Ia berharap, kegiatan itu dapat menjadi ruang diskusi dan bertukar informasi untuk terus meningkatkan layanan bagi masyarakat, khususnya terkait administrasi kependudukan.